Rabu, 25 Januari 2012

UMAR BIN KHATHTHAB (KHULAFAUR RASYIDIN KEDUA)

Umar bin Khattab (581 – November 644) (bahasa Arabعمر بن الخطاب) adalah salah seorang sahabat Nabi Muhammad yang juga menjadi khalifah kedua (634-644) dari empat Khalifah Ar-Rasyidin.

Nama lengkap Umar bin Khattab bin Nafiel bin abdul Uzza, dilahir di Mekkah, dari Bani Adi, salah satu rumpun suku Quraisy. Ayahnya bernama Khaththab bin Nufail Al Shimh Al Quraisyi dan ibunya Hantamah binti Hasyim. Umar memiliki julukan yang diberikan oleh Muhammad yaitu Al-Faruq yang berarti orang yang bisa memisahkan antara yang haq dan bathil.
Keluarga Umar tergolong dalam keluarga kelas menengah, ia bisa membaca dan menulis yang pada masa itu merupakan sesuatu yang jarang. Umar juga dikenal, karena fisiknya yang kuat dimana ia menjadi juara gulat di Mekkah.
Umar adalah salah seorang yang ikut pada peristiwa hijrah ke Yatsrib (Madinah) pada tahun 622 Masehi. Ia ikut terlibat pada perang Badar, Uhud, Khaybar serta penyerangan ke Syria. Ia adalah salah seorang sahabat dekat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.
Pada tahun 625, putrinya (Hafsah) menikah dengan Nabi Muhammad.

Selama pemerintahan Umar, kekuasaan Islam tumbuh dengan sangat pesat. Islam mengambil alih Mesopotamia dan sebagian Persia dari tangan dinasti Sassanid dari Persia (yang mengakhiri masa kekaisaran sassanid) serta mengambil alih MesirPalestinaSyriaAfrika Utaradan Armenia dari kekaisaran Romawi (Byzantium).

TULISAN TERKAIT:

UMAR BICARA PENTINGNYA SHOLAT

UMAR BERKATA TENTANG HIDUP

UMAR BERKATA TENTANG SABAR

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar